What’s really interesting about “Spritual Creativity” ?

Without confusing more about what it really is. Let’s talk about it, right now. I know pretty much about it, however based on my opinion, indeed.

Spiritual creativity bisa dibilang merupakan hal yang masih terdengar asing di telinga kita.  Tetapi sebenarnya spiritual creativity ini pasti ada dalam diri kita masing-masing. Sadar atau tidak, semua orang pasti memiliki kreativitas. Biasanya kita berpikir kreatif untuk memecahkan masalah dan mendapatkan apa yang kita inginkan. Sebagian besar dari kehidupan kitapun merupakan hasil kreativitas kita sendiri. Walaupun ada sebagian dari kita yang harus lebih berusaha dalam mengimplementasikannya.

Kecerdasan, dalam pembentukannya membutuhkan tiga aspek yaitu intelligence, emotional dan spiritual. Kreativitas, sebagai salah satu pendukung kecerdasan dapat termasuk ke dalam ketiga aspek tersebut. Namun, yang paling terdengar asing bagi kita ialah aspek spiritual.

Pada dasarnya proses untuk menjadi kreatif dan membiasakan diri kita untuk selalu menggunakan kreativitas dapat meningkatkan kesejahteraan dan memperbaiki hubungan dengan sesama manusia. Inilah yang saya anggap sebagai spiritual creativity.

Berdasarkan evolusi spiritual, manusia dikembangkan dari apa yang memang sudah ada, tetapi ditambahkan elemen-elemen baru yang ditimbulkan oleh aktivitas spiritual kita. Pembentukan kreativitas ini, theoretically, dapat dilakukan diasah dengan selalu menitik beratkan keoriginalitasan yang ada untuk membedakan mana yang asli dan mana yang tidak. Sebagai gambarannya ada sebuah contoh yang cukup sederhana.

Dalam menjalani kehidupan, kita pernah mengalami kegagalan dan kesusksesan. Tetapi kegagalan lebih sering kita jadikan pelajaran dibandingkan keberhasilan. Mengapa? Menurut saya jawabannya adalah karena ketika kita gagal, kita akan berfikir dan berusaha sedemikian rupa sampai kita bisa berhasil. Walaupun misalnya ada beberapa orang yang mengalami  masalah yang sama, namun cara berpikir bisa berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Di sanalah kreativitas kita akan terbentuk dengan sendirinya, seiring dengan pembentukan pola pikir kita. Itulah alasannya mengapa sering dikatakan bahwa, setiap orang pasti memiliki pandangan yang berbeda, karena kita semua memiliki apa yang disebut kreativitas spiritual. Semua pandangan tidak ada yang salah, dan tidak ada batasannya untuk itu. Maka dari itulah semua itu dapat disebut sebagai kreativitas spiritual.

Untuk menjadi kreatif, kita bisa melakukan apapun yang melanggar pola hidup kita masing-masing. Di bawah ini ada beberapa aktivitas yang memicu kreativitas kita (selama seminggu):

o Pilih masalah dalam hidup kita dan buatlah daftar setidaknya sepuluh cara yang berbeda untuk menghadapinya. Biarkan beberapa ide Anda akan keterlaluan. Regangkan pikiran kita. Jika kita sedang tidak ingin memikirkan suatu masalah, kita juga bisa membuat daftar dari sepuluh  hal-hal kreatif yang bisa kita lakukan. Kemudian lakukan minimal satu dari ide-ide kreatif minggu ini.

o Perhatikan cara pikir kita yang biasa kita gunakan. Terus-menerus bertanya pada diri sendiri: “Bagaimana aku bisa kreatif dalam situasi ini?”

o Lakukan setidaknya satu aktivitas fisik yang membuka kreativitas kita seperti menggambarkan mimpi, membayangkan apa yang akan terjadi nanti atau ketika kita di rumah, bayangkan rumah kita berada dalam suasana yang sangat jauh berbeda. Baik lokasinya, interiornya, warna dindingnya dan lain sebagainya.

Melangkah keluar jalur kreativitas kita dapat membuat kira merasa tidak biasa atai mungkin tidak nyaman. Tetapi semua itu terkadang dibutuhkan untuk memperbaharui kreativitas diri kita sendiri. Semakin kita menggali akan semakin dalam kreativitas yang bisa kita dapatkan. Hanya ada satu yang harus kita perhatikan yaitu selalu mengingat apa yang menjadi batasan-batasan untuk diri kita yang bersifat prinsip atau tidak bisa diganggu gugat oleh apapun dan siapapun.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: