TELKOMSEL

OPEN BUSINESS MODEL

Apakah yang dimaksud dengan Open Business Model? Hmm beberapa waktu yang lalu saya sudah pernah membahas tentang hal ini. Mulai dari apakah penjelasan teoritisnya sampai apa saja fungsi Open Business Model tersebut. Nah sekarang, saya akan kembali membahasnya lebih dalam. Supaya lebih jelas, sebagai contohnya saya akan menggunakan perusahaan Telkomsel, karena menurut saya Telkomsel merupakan perusahaan besar yang sudah pasti dikenal oleh semua masyarakat Indonesia dan ia pun memiliki modal berupa model bisnis yang begitu kuat sebagai dasar mengapa perusahaan Telkomsel tetap menjadi yang terdepan bagi layanan telekomunikasi Negara ini.

Capabilities

Telkomsel memiliki jangkauan terluas dan selain itu Telkomsel merupakan operator selular yang mengoperasikan BTS dengan sumber energi ramah lingkungan (BTS Go Green) terbanyak di Asia dengan jumlah 132 BTS di seluruh Indonesia. Base Transceiver Station (BTS) adalah bagian dari network element GSM yang berhubungan langsung dengan Mobile Station (MS). Telkomsel juga merupakan satu-satunyajaringan telekomunikasi yang menjangkau seluruh desa terpencil di 25.000 desa dan terluas di 25 kota besar di Indonesia. Teknologi Telkomsel meliputi GSM Dual Band (900 & 1800), GPRS, Wi-Fi, EDGE, 3G, dan 3.5G (HSDPA).

Supply Chain

Solusi Wireless Connectivity Telkomsel memberikan berbagai keuntungan bagi bisnis perusahaan Anda dan meningkatkan efisiensi serta efektivitas pekerjaan di perusahaan tersebut. Hal ini juga menjadikan tantangan yang berarti bagi departemen IT untuk memenuhi kebutuhan akan koneksi nirkabel bagi karyawan perusahaan dimanapun, kapanpun.  Untuk itu Telkomsel kini hadir dengan Wireless Connectivity Solutions yang dapat membantu tantangan tersebut.

ATM over GPRS

Koneksi ATM melalui jaringan GRPS. Cepat dan efisien!

Small and Remote Office Connectivity

Sulit melakukan koordinasi bagi cabang-cabang perusahaan di daerah terpencil? Gunakan solusi Small & Remote Connectivity untuk menghubungkan cabang-cabang perusahaan Anda secara nirkabel melalui jaringan GPRS.

Mobile Tracking

Mudahnya mengawasi truk & mobil untuk kebutuhan distribusi perusahaan Anda dengan teknologi GPS melalui jaringan GPRS/SMS.

Telemetry Application

Butuh data terkini untuk berbagai peralatan perusahaan Anda seperti : meteran listrik, kedalaman sumur bor, dsb? Telemetry Application yang berbasis jaringan GPRS bisa memberikan solusi tersebut.

Partners

Telkomsel merupakan bagian dari Bridge Mobile Alliance Operator se-Asia Pasific. Bridge Mobile Alliance adalah Join Venture antara Mobile Operator terbesar di Asia Pasific yang anggotanya terdiri dari Mobile Operator yang terpandang di Negaranya.

Cost Mode

Telkomsel menggunakan metode penetapan harga yang paling mendasar untuk penetapan tariff percakapan yaitu dengan menambahkan penambahan dari total biaya produksi (cost production) kepada harga jual pokoknya (mark up strategy).

Value Proposition

Telkomsel is the leading operator of cellular telecommunications services in Indonesia by market share. Telkomsel provides GSM cellular services in Indonesia, through its own nationwide Dual band 900/1800 MHz GSM network, and internationally, through 238 international roaming partner in 147 countries (end of June 2005). The company provides its subscribers with the choice between two prepaid cards-simPATI and Kartu As of a pre-paid simPATI service, or the post-paid kartuHALO service, as well as a variety of value-added services and programs.

Customer Relationships

Teknologi yang terus berkembang, menjadikan munculnya berbagai layanan dan kemudahan yang bisa diberikan kepada para pelanggannya. Faktor layanan dan kemudahan inilah yang akan memelihara loyalitas pelanggan pada prodiuk operator. Ketersediaan outlet-outlet / agen-agen penjualan kartu perdana dan voucher yang luas,sehingga pelanggan mudah untuk membeli kartu/voucher juga merupakan faktor yang perlu diperhatikan. Juga perlu diperhatikan adalah penanganan keluhan dari pelanggan yang bisa disampaikan lewat call center maupun secara langsung ke pusat layanan pelanggan di kotanya. Telkomsel membangun hubungannya dengan  para pelanggan melalui fasilitas T-Care, GraPARI, Gerai HALO, Call Center, Layanan Pelanggan dan masih banyak lagi.

Customer Segments

Telkomsel saat ini merupakan Market leader Operator selular di Indonesia, dengan penguasaan pasar lebih dari 55%. Telkomsel berusaha untuk menjadi perusahaan makro dan memiliki daya tarik masyarakat yang sangat luas.

Revenues

Telkomsel’s total revenues have grown from Rp 2,801 billion in 2000 to Rp 14.77 trillion in 2004. Over the same period, the total number of Telkomsel’s cellular subscribers increased from approximately 1.7 million as at 31 December 2000 to 16.3 million as at 31 December 2004.

Distribution Channels

Telkomsel memiliki jalur distribusi lain dengan arah pelayanan yang berbeda-beda, yaitu grapari, gerai halo dan Corporate Account Management. Strategi distribusi yang bisa dilakukan perusahaan pada tahap pertumbuhan adalah strategi distribusi intensif. Telkomsel dapat membangung saluran-saluran distribusi yang lebih merata tidak hanya di kota-kota besar saja agar pelayanan juga lebih merata.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: