J For Japan!

Negara sakura ini memang dikenal sebagai negara yang sangat maju di bidang teknologi yang memiliki budaya yang sangat khas dan unik. Jepang juga terkenal sebagai negara yang memiliki inovasi tinggi. Walaupun Jepang bukan bangsa penemu, tapi orang Jepang mempunyai kelebihan dalam mengembangkan kembali temuan orang dan kemudian memasarkannya dalam bentuk yang lebih diminati oleh masyarakat. Menarik membaca kisah Akio Morita yang mengembangkan Sony Walkman yang melegenda itu. Cassete Tape tidak ditemukan oleh Sony, patennya dimiliki oleh perusahaan Phillip Electronics. Tapi yang berhasil mengembangkan dan mem-bundling model portable sebagai sebuah produk yang booming selama puluhan tahun adalah Akio Morita, founder dan CEO Sony pada masa itu. Sampai tahun 1995, tercatat lebih dari 300 model walkman lahir dan jumlah total produksi mencapai 150 juta produk. Teknik perakitan kendaraan roda empat juga bukan diciptakan orang Jepang, patennya dimiliki orang Amerika. Tapi ternyata Jepang dengan inovasinya bisa mengembangkan industri perakitan kendaraan yang lebih cepat dan murah.

Selain itu, ada alasan lain yang membuat Jepang menjadi negara kreatif dan inovatif (menurut saya). Hal itu adalah … Iya benar sekali! Makanannya! Sebut saja salah satu contohnya; sushi. Semua orang pasti tau makanan seperti apa sushi itu. Rasanya enak dan khas. Kalau kita lihat, sushi dengan ukuran sekecil itu, sudah bisa dibuat dalam berbagai macam bentuk dan berbagai macam rasa. How creative! Biasanya yang digunakan sebagai isinya misalnya salmon, tuna, avocado, tofu, timun, crabstick, ebi tempura dan nori (rumput laut) sebagai pembungkusnya. Mari kita lihat:

Yummmmmm. Semua itu baru (sebagian kecil dari contoh kreasi) sushi. Kreatif banget kan brarti orang-orang Jepang. Sushi juga bisa dibuat dan disesuaikan dengan lidah para consumernya, seperti halnya di Indonesia, sudah mulai banyak restoran khusus sushi, dan semua rata-rata dapat diterima oleh lidah masyarakat Indonesia. Itu semua karena sushi sudah dimodifikasi dan disesuaikan, sehingga sampai semua kalangan umur pun menyukainya. Masih banyak lagi kreasi makanan dari negara ini. Ada mochi, ramen, udon, takoyaki, okonomiyaki, sobayaki, aaaaaaaaaargh!

Next, ada sebuah bangunan yang membuat Jepang tercatat dalam Guinness World Record, yaitu The Seagaia Ocean Dome, waterpark dalam ruangan terbesar di dunia yang merupakan bagian dari Sheraton Seagaia Resort dan terletak di Miyazaki, Jepang. Bangunan ini berukuran 300 x 100 meter.  Interior dalam ruangan ini dirancang khusus adar menyerupai pantai pada umumnya, sehingga para pengunjung bisa surfing di dalamnya.  Dibuka pertama kali pada tahun 1993, dan jumlah pengunjung mencapai puncaknya pada tahun 1995 sebesar 1,25 juta setahun.

Sekarang ga heran lagi kan knapa saya memilih negara ini?

source: http://dadanpunya.blogspot.com/2010/03/10-keunggulan-jepang-dari-negara-lain.html
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: